Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Senin, 12 November 2012

Yuk,,, Membuat Herbarium,,,

0 komentar

Salah satu kegiatan tim Identifikasi Flora Fauna dalam program “Sungaiku Bersahabat Kembali” PPLH Bali adalah membuat herbarium. Herbarium merupakan tempat penyimpanan contoh koleksi spesimen tanaman/tumbuhan yang telah diawetkan (LIPI, 2010). Tumbuhan yang akan diawetkan diperoleh di sekitar sungai Ayung tempat tim Identifikasi Flora Fauna melakukan penelitian.
Cara membuat herbarium yang dilakukan oleh Tim Identifikasi Flora Fauna ternyata cukup sederhana. Dibantu oleh mahasiswa dari Universitas Muhamadiah Malang serta  dari Poltekes Denpasar. Mereka mulai mengumpulkan tanaman yang akan diawetkan. Koran digunakan sebagai bahan penyerap air yang ada dalam tanaman. Tapi koran yang digunakan harus sering diganti agar herbarium tidak rusak dan busuk. Berikut cara membuat herbarium:
Kumpulkan bahan tanaman yang akan dibuat Herbarium
Bersihkan tanah yang menempel pada akar tanaman
Siapkan koran dan tempelkan bahan tanaman di atas koran
Pengumpulan tanaman yang sudah ditempel pada kertas koran
Penindihan tanaman dengan benda berat dan rata
Herbarium Siap Dipindahkan dan Dilengkapi dengan Data Pendukung
Herbarium yang baik selalu disertai identitas pengumpul (nama pengumpul atau kolektor dan nomor koleksi) serta dilengkapi keterangan lokasi asal material dan keterangan tumbuhan tersebut dari lapangan. Herbarium dapat digunakan untuk mengawetkan spesimen tanaman, material peraga pelajaran botani, material penelitian, alat pembantu identifikasi tanaman, material pertukaran antar herbarium di seluruh dunia, bahkan bisa digunakan sebagai bukti keanekaragaman spesimen acuan untuk publikasi spesies baru (LIPI, 2010). Tertarik mencoba? (dwi)

0 komentar: